Fakta Menarik Tentang Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan Bali
Pura Ulun Danu Bratan Bali adalah sebuah pura yang didedikasikan untuk dewi danau yaitu Ida Batari Dewi Ulun Danu di tepi sebuah kawah besar. Gambar: pixabay.com

Pura Ulun Danu Beratan adalah kompleks candi Hindu yang indah yang terletak di tepi Danau Bratan di Bali, Indonesia. 

Ini adalah salah satu dari sembilan pura Kahyangan Jagat di Bali, yang dianggap sebagai pura terpenting di pulau itu.

Pura ini dibangun pada abad ke-17 oleh I Gusti Agung Putu, raja pertama Mengwi. Itu didedikasikan untuk dewi danau, Dewi Danu, yang merupakan perwujudan air dan kesuburan. Kompleks candi terdiri dari lima tempat suci yang berbeda, masing-masing didedikasikan untuk dewa Hindu yang berbeda.

Pura utamanya adalah Pura Penataran Agung Ulun Danu yang dipersembahkan untuk Dewi Danu. Kuil ini terletak di sebuah pulau kecil di tengah danau. Empat kuil lainnya didedikasikan untuk dewa Brahma, Wisnu, Siwa, dan Ganesha.

Pura Ulun Danu Bratan adalah tujuan wisata yang populer, dan sangat indah saat pagi dan sore hari saat cahayanya lembut. Kuil ini juga merupakan tempat yang populer untuk pernikahan dan upacara lainnya.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Pura Ulun Danu Bratan:

  1. Candi ini terletak di ketinggian 1.240 meter di atas permukaan laut.
  2. Danau ini merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan, antara lain mujair, gurame, dan lele.
  3. Kompleks candi ini dikelilingi perbukitan hijau subur dan hutan.
  4. Kuil ini merupakan tempat yang populer untuk mengamati burung, dan lebih dari 100 spesies burung terlihat di area tersebut.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Bali, Pura Ulun Danu Bratan pasti patut dikunjungi. Ini adalah tempat yang indah dan tenteram yang pasti akan meninggalkan kesan abadi bagi Anda.


Comments