Ini Dia Letak Kursi Teraman di Pesawat

Kursi penumpang pesawat
Semua kursi di pesawat relatif aman. Gambar: pixabay.com

Tidak ada kursi yang "paling aman" di pesawat karena keselamatan bergantung pada banyak faktor, seperti jenis insiden yang terjadi dan tingkat keparahannya.  

Secara umum, semua kursi di pesawat relatif aman, dan keamanan pesawat lebih banyak ditentukan oleh faktor-faktor lain seperti perawatan, keamanan penerbangan, dan cuaca. 
 
Namun, ada beberapa faktor atau pedoman umum yang dapat membantu mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan atau memengaruhi tingkat keselamatan kursi, antara lain:

1. Kursi di dekat sayap

Kursi di dekat sayap umumnya lebih stabil dan memiliki getaran yang lebih rendah selama penerbangan, sehingga kurang mungkin terpengaruh oleh turbulensi yang terjadi. 

Selain itu, kursi di dekat sayap biasanya memiliki jarak yang lebih dekat dengan pintu darurat dan jendela darurat.

Lebih jelasnya lagi bahwa kursi yang terletak di dekat baris pintu keluar atau di bagian depan pesawat ternyata memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi dalam kecelakaan.

Ini karena kursi ini memungkinkan akses yang lebih cepat ke pintu keluar darurat dan dapat mengurangi risiko terjebak dalam keadaan darurat

2. Kursi jendela

Kursi jendela dapat memberikan perlindungan tambahan dari benturan atau guncangan, karena dinding pesawat dapat berfungsi sebagai pelindung. 

Selain itu, kursi jendela juga memberikan akses yang lebih mudah ke jendela darurat jika diperlukan.

3. Kursi di tengah pesawat, terutama di atas sayap,

Kursi sejajar dengan sayap pesawat dianggap lebih aman jika terjadi kecelakaan. 

Hal ini karena bagian tengah pesawat cenderung mengalami lebih sedikit turbulensi dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami benturan langsung jika terjadi tabrakan.

4. Kursi di baris belakang

Kursi di baris belakang cenderung lebih aman karena mereka lebih jauh dari titik awal dampak jika terjadi kecelakaan. 

Selain itu, kursi di baris belakang juga dapat memberikan akses yang lebih mudah ke pintu darurat.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada kursi yang 100% aman dan tidak ada jaminan bahwa kecelakaan pesawat tidak akan terjadi. 

Oleh karena itu, yang terbaik adalah mematuhi instruksi dan prosedur keselamatan penerbangan yang diberikan oleh awak kabin dan pihak maskapai selama penerbangan.

Secara umum, disarankan untuk mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh maskapai penerbangan dan selalu mengenakan sabuk pengaman selama lepas landas, mendarat, dan turbulensi.


Comments