Daftar 20 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

A380
Pesawat superjumbo, A380 milik maskapai penerbangan Emirates.

Diantara daftar 20 Maskapai penerbangan paling aman di dunia tahun 2016, tidak ditemukan satu pun, maskapai penerbangan Indonesia masuk dalam urutan kategori tersebut. 

Ada dua alasan yang menurut Aku yang menyebabkan beberapa maskapai penerbangan tanah air tidak masuk dalam kategori tersebut, yakni karena tidak terbang ke belahan dunia eropa dan alasan kedua, mungkin tidak di ikut sertakan dalam survei tahun 2016.

AirlineRatings.com, adalah sebuah situs yang rajin mengulas pelayanan maskapai penerbangan dunia, situs itu, baru-baru ini telah  meluncurkan daftar rating maskapai penerbangan paling aman di dunia. 

Survei kali ini melibatkan 407 maskapai penerbangan. Ada beberapa poin penilaian yang diterapkan di survei tersebut, seperti data kecelakaan fatal dalam jangka waktu 10 tahun, audit keselamatan dari International Air Transport Association, dan implementasi negara asal maskapai tersebut terhadap 8 poin parameter keselamatan dari International Aviation Organization.

Berdasarkan hasil survei situs tersebut menjatuhkan pilihan kepada maskapai penerbangan Qantas, maskapai ini berhasil meraih predikat maskapai paling aman di dunia. 

Ternyata maskapai itu, sudah tiga tahun termasuk tahun 2016 berhasil meraih predikat sebagai Penerbangan paling aman di Dunia.

Adapun daftar 20 Maskapai Penerbangan paling aman di Dunia tahun 2016 (secara alfabet):
  1. Air New Zealand
  2. Alaska Airlines
  3. All Nippon Airlines
  4. American Airlines
  5. Cathay Pacific Airways
  6. Emirates
  7. Etihad Airways
  8. EVA Air
  9. Finnair
  10. Hawaiian Airlines
  11. Japan Airlines
  12. KLM Royal Dutch Airlines
  13. Lufthansa
  14. Qantas
  15. Scandinavian Airline System
  16. Singapore Airlines
  17. Swiss Air
  18. United Airlines
  19. Virgin Atlantic
  20. Virgin Australia


Comments