Kisah Heroik Pramugari Asiana Airlines Penerbangan 214

Pramugari heroik (Lee Yoon Hye) membawa seorang penumpang di punggungnya untuk menjauh dari pesawat Asiana 214 saat kecelakaan.

Kata orang bahwa ada banyak pahlawan disekitar tapi kita jarang menyadari kehadiran aksi mereka sebagai pahlawan. Pramugari juga manusia, tapi pada saat-saat genting di darat dan udara mereka bisa berubah menjadi sosok heroik ketika melaksanakan evakuasi darurat tanpa memikirkan keselamatan dirinya. Salah satu pramugari paling heroik itu adalah Lee Yoon Hye.

Lee Yoon Hye, pramugari heroik adalah orang terakhir yang meninggalkan pesawat saat pesawat mulai terbakar, ia membawa seorang penumpang ke tempat yang aman tanpa menyadari bahwa ia sendiri mengalami cidera tulang pinggul.
"Pramugari dilatih untuk keadaan darurat setiap tahun dan karena saya hanya terfokus pada mengevakuasi penumpang secepat mungkin dan memadamkan api, saya tidak punya waktu untuk khawatir tentang keselamatan saya," kata Lee pada saat konferensi pers di San Francisco.
Selama pendaratan darurat, dia menderita cedera pinggul, tetapi baru menemukan tentang hal itu ketika tiba di rumah sakit.

Lee Yoon-hye
Manajer kabin Lee Yoon-hye adalah seorang pramugari dengan 18 tahun pengalaman.

Hebatnya, 305 dari 307 penumpang Asiana Airlines Penerbangan 214 selamat setelah jatuh, dengan hanya sejumlah kecil yang menderita luka parah dan dua tewas di tempat kejadian, ketika insiden ini terjadi ada tiga awak kabin terlempar keluar dalam keadaan terikat di kursinya masing-masing ketika bagian ekor pesawat terpisah setelah menghantam ujung landasan pacu.

Atas insiden memilukan ini bila tanpa tindakan cepat dari awak kabin, insiden itu bisa saja menjadi bencana yang lebih besar, menurut penumpang dan tenaga pelayanan penyelamatan.

Boeing 777-200ER milik Asiana Airlines 214 mengalami kecelakaan di Bandara Internasional San Francisco pada 6 Juni 2013.

Asiana Airlines Penerbangan 214 adalah sebuah penerbangan internasional terjadwal dari Bandar Udara Internasional Incheon dekat Seoul, Korea Selatan, menuju Bandar Udara Internasional San Francisco di Amerika Serikat.

Insiden kecelakaan pesawat Boeing 777-200ER jatuh ini terjadi pada hari Sabtu, 6 Juli 2013. Kecelakaan tersebut menjadi kecelakaan pertama pesawat Boeing 777 yang menyebabkan kematian sejak pengoperasian perdananya pada tahun 1995.

Comments