Video Pesawat Landings Dan Takeoffs di Bandara Maut Pulau Saba

bandara saba
Sebuah pesawat ukuran mini berhasil landing atau mendarat dengan mulus di bandara maut. Bandara maut ini berbaring di pulau Saba dan nama bandara ini adalah Juancho E. Yrausquin Airport.

Juancho E. Yrausquin Airport. -   Bandara Juancho E. Yrausquin adalah satu-satunya sebuah bandara maut yang berbaring di pulau Saba, pulau kecil ini terletak di kepulauan Karibia. Bandara ini nyaris sama persis dengan bandara maut yang ada di Lukla Airport Nepal.

Bandara ini memegang reputasi sebagai bandara paling maut atau berbahaya di dunia karena pada satu sisi dari bandara ini diapit oleh bukit yang tinggi dan kedua unjung landasan pacunya jatuh di sisi tebing yang menghadap langsung ke laut.

Selain itu, landasan pacu di bandara ini sangat pendek, yakini 396 m, meskipun bandara secara resmi ditandai dengan huruf X besar di kedua unjung landasan pacunya, pesawat baling-baling milik maskapai regional dan helikopter dapat mendarat di sana, namun untuk pesawat sipil komersial lainnya dilarang untuk mendarat disana.

Letak geografis di bandara Bandara Juancho E Yrausquin dan landasan pacunya yang sangat pendek serta kedua unjung landasan pacunya yang  berada di sisi jurang yang terjal telah menjadikan bandara ini sebagai salah satu dari beberapa bandara paling maut yang ada di dunia.

Juancho E Yrausquin airport
Sebuah pesawat ukuran mini siap lepas landas di bandara maut. Pesawat jet tidak diizinkan mendarat di bandara ini karena landasan pacu yang sangat pendek.

Nonton video sebuah pesawat baling-baling lepas landas dan mendarat di bandar saba di kepulauan Karibia dibawah ini:



Comments