Video Pesawat Landings Dan Takeoffs di Bandara Ekstrim di Lukla

bandara lukla
Beginilah medan dari bandara maut ini sebagai penumpang pesawat untuk menuju dan pulang dari bandara ini hanya bisa berdoa dan menitip nyawa kepada sang pilot.   

Bandar Udara Tenzing-Hillary. - Bandara unik ini berada di bagian Solukhumbu, kota Lukla, Nepal, nama resmi dari bandara ini sebenarnya adalah Banda Udara Tenzing-Hillary yang merupakan gabungan dua nama dari pendaki pertama yang mencapai gunung Himalaya, yaitu Sir Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay.

Bandara unik ini punya landasan pacu paling pendek dan berbahaya. Itulah mengapa bandara ini masuk sebagai salah satu dari beberapa bandara yang paling berbahaya di dunia. Pilot harus berhati-hati disini ketika landings dan takeoffs bila salah perhitungan, ya sudah pesawat bisa jatuh ke juram yang dalam atau menabrak gunung di depan.

Hal yang paling mengerikan dari bandara unik ini, yaitu dikelilingi Pegunungan Himalaya dan panjang landasan pacu cuma 460 meter dan lebar 20 meter ini hanya bisa melayani pesawat berukuran kecil dan helikopter untuk mendarat disini, dan parahnya lagi bentuk landasan pacu memiliki kemiringan 12 persen.

Bandara yang berbaring manis di kota Lukla ini berada pada ketinggian 2.700 mdpl dan tidak alat bantu pendaratan atau bimbingan pendaratan selain Aerodrome Flight Information Service (AFIS).

Bandara unik ini menjadi salah satu pintu masuk bagi para pendaki untuk menuju gunung Everest dan selain itu juga dipergunakan oleh beberapa maskapai untuk penerbangan domestik, dan untuk menuju bandara ini hanya bisa terbang bila cuaca sangat cerah dan itu pun harus terbang pada siang hari pula. Makhlumlah bandara ini sering di keliling awan tebal.

Bandara eksentrik yang paling menakutkan di dunia ini menjadi salah satu bandara domestik yang paling sibuk di negara Nepal. Saat musim pendakian, lebih dari 50 pesawat kecil dan helikopter lepas landas setiap hari di bandara maut ini.

Bandar Udara Tenzing-Hillary
Sebuah pesawat berusaha mencapai unjung landasan pacu bandara lukla.

Medan bandara ini memang cukup menakutkan dan hanya pilot yang sudah berpengalaman yang diperbolehkan untuk terbang membawa burung besi disini karena tidak tak ada bimbingan pendaratan di bandara maut ini. Jadi sebagai penumpang hanya bisa berdoa dan menitip nyawa kepada pilot untuk lepas landas dan mendarat di bandara eksentrik ini.

Bandar Udara Tenzing-Hillary
Medan bandara maut ini juga dikelilingi gunung yang menjulang tinggi dan jurang yang dalam.

Nonton video pesawat mendarat dan lepas landas di Bandara maut ini.



Comments