Video Bukti Madeira Airport Adalah Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Madeira Airport
Landasan pacu bandara ini berbaring di kepulauan Madeira di Portugal.

Gambar di atas adalah salah satu bandara paling berbahaya di dunia, yakni udara Funchal, Funchal adalah sebuah kota terbesar di Pulau Maderia.

Bandara Paling Berbahaya di Dunia. - Bandar Udara Internasional Maderia ini juga dikenal dengan nama bandar udara Funchal, Funchal adalah sebuah kota terbesar yang duduk manis di kepulauan Madeira.

Bandara yang memegang gelar sebagai sebagai salah satu dari bandara paling berbahaya di dunia ini sebenarnya bukan karena faktor landasan pacunya, tapi lebih pada lingkungan geografisnya seperti berkabut, angin yang bertiup kencang sehingga menyulitkan pilot untuk membawa burung besi (baca: pesawat) untuk mencapai landasan pacu.

Dan sebelumnya bandara ini memang memiliki landasan pacu yang sangat pendek sehingga tidak memungkinkan pesawat berbadan besar untuk mendarat disini dan diperparah menghadap tebing karang yang dalam dan dekat lautan pula sehingga dihadapkan pada cuaca yang sering berubah-ubah.

Pada akhirnya bandara ini di perpanjang agar memungkinkan pesawat berukuran besar untuk bisa lepas landas dan sebelumnya juga di bandara ini pernah mengalami beberapa insiden paling mengerikan dan kecelakaan yang mengerikan terjadi pada tahun 1977 yang melibatkan sebuah pesawat penumpang Boeing 727-200 yang terbang dari Brussels menuju kepulauan Madeira.

Pesawat naas itu memang sukses mendarat tapi melewati batas unjung landasan pacu dan akhirnya jatuh ke jurang lalu menghantam pantai dan meledak, dan dari 164 penumpang hanya beberapa yang selamat, 131 orang meninggal. Kecelakaan pesawat ini terjadi bukan akibat kerusakan mesin, kegagalan rem atau human error tapi lebih pada cuaca yang sangat buruk pada saat kejadian itu.

funchal airport
150 tiang beton sebagai penyanggah landasan bandara Madeira

Belajar dari insiden kecelakaan pesawat ini, pihak pengelola bandara akhirnya memperpanjang landasan pacu bandara ini dengan sebuah jembatan dengan sanggahan 150 tiang beton yang menghubungkan langsung dengan landasan pacu darat.

Akhirnya bandara eksentrik ini mendapat sebuah penghargaan terbaik dalam hal proyek struktur landasan pacu bandara dengan campur teknologi modern, yaitu Outstanding Structure Award. Penghargaan ini diberikan hanya untuk proyek dengan teknik yang agung dan hebat.

Anda bisa melihat atau nonton video dibawa ini sebagai bukti bahwa bandara itu memang menakutkan bagi pilot dan penumpang. 

Anda bisa menemukan Video YouTube tentang pesawat berusaha mendarat di bandara pulau Maderia. 

Sungguh menegangkan sebab ada beberapa pesawat yang berusaha mencapai landasan pacu, tapi gagal dan walaupun sudah nyaris menyentuh landasan pacu, tapi ia terbang lagi akibat angin kencang. Pokoknya menegangkan banget.


Comments