Pesawat Penumpang Pertama Jepang Sukses Terbang Perdana

Mitsubishi Regional Jet
Inilah pesawat Mitsubishi Regional Jet (MRJ) yang siap lepas landas di Bandara Nagoya di Toyoyama, Prefektur Aichi, Jepang, pada 11 November 2015.

Mitsubishi Aircraft Corp telah melakukan uji coba terbang sebuah pesawat penumpang Mitsubishi Regional Jet (MRJ) pada 11 November 2015 dan sukses setelah burung besi dengan panjang 35 meter itu melakukan penerbangan perdana selama 1 jam di langit Jepang.

Pesawat jet berbadan kecil dengan dua mesin satu di masing-masing sayap ini diklaim mampu mengangkut sekitar 80-90 penumpang untuk penerbangan domestik atau regional.

Pihak Mitsubishi Aircraft Corp mengatakan bawah akan menjual pesawat Mitsubishi Regional Jet (MRJ) ini dengan memasuki pasar nasional dan internasional untuk digunakan dalam penerbangan regional atau domestik dengan jarak sekitar 3.000 kilometer.

Mitsubishi Aircraft Corp ingin menjual sekitar 2.000 tipe pesawat tersebut kepada beberapa maskapai penerbangan termasuk kepada Maskapai Penerbangan Indonesia yang sudah beroperasi secara global dan permintaan lebih dari 5.000 pesawat baru ini diharapkan selama 20 tahun ke depan.

Baca Juga: Menengok Pesawat Jet C919 Pertama Buatan Cina

Pesawat Mitsubishi Regional Jet buatan jepang
Mitsubishi Aircraft Corp mengklaim bahwa burung besi generasi terbaru ini dapat menghemat bahan bakar sekitar 20% dan menjanjikan kenyamanan bagi penumpang dengan biaya operasional yang lebih rendah.

Kelahiran pesawat MRJ telah menandai babak baru dalam sektor penerbangan Jepang setelah terakhir kali membangun sebuah pesawat komersial turboprop YS-11 pada 1962 yang perakitannya dihentikan nyaris satu dekade akibat dilarang oleh Amerika Serikat setelah negara matahari terbit itu mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II.

Mitsubishi kini mulai unjuk gigi kembali dalam mengembangkan kemampuannya dibidang industri penerbangan bersama Cina yang juga telah berhasil merakit pesawat jet penumpang C919 ukuran sedang untuk penerbangan domestik.

Comments