Szechenyi Chain Bridge, Jembatan Rantai Terbesar di Hongaria

jembatan budapest
Nama jembatan Budapest merupakan gabungan dari nama dua kota, yaitu Buda dan Pest, yang dipisahkan oleh sungai Danube dan disatukan oleh jembatan rantai atau Chain Bridge Széchenyi.

Chain Bridge atau Jembatan Rantai atau Szechenyi Chain Bridge ini lebih dikenal dengan nama Jembatan Budapest adalah salah satu landmark terkenal di wilayah Budapest, Hongaria. Hongaria adalah sebuah negara berbentuk republik. Negara dengan ibukota Budapest ini benar-benar terperangkap di tengah Eropa Tengah.

Nama Jembatan Budapest adalah nama gabungan dari dua wilayah yang dipisahkan oleh sungai Danube, yakni Buda dan Pest.

Jembatan ikonik warga Hungaria melintas diatas Sungai Danube yang menghubungkan wilayah Buda dan Pest ini dibangun pada tahun 1849.

Pada tiap sisi batas jembatan Budapest dihiasi dengan patung Singa. Jembatan ini juga pernah muncul di salah satu video klip Katy Perry “Fireworks”. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terbesar di dunia.

Sungai Danube adalah satu-satunya sungai Eropa yang besar yang mengalir dari barat ke timur. Sumbernya berada di Jerman di Hutan Hitam atau Schwarzwald. Panjang sungai ini adalah sekitar 2.850 km, menuju Laut Hitam di Rumania, terletak di delta Danube.

Sungai Danube sering di manfaatkan untuk lalu-lintas kapal barang karena memiliki ukuran yang cukup luas. Secara keseluruhan sungai ini melewati sepuluh negara : Austria, Bulgaria, Kroasia, Jerman, Hongaria, Moldavia, Slowakia, Rumania, Ukraina, Serbia, dan memiliki anak sungai di tujuh negara lainnya.

jembatan rantai
Jembatan Budapest adalah sebuah jembatan yang menghubungkan dua daerah yang terpisah oleh sungai Danube, yaitu Buda dan Pest