Pesawat Superjumbo, Airbus A380

airbus A380
Pesawat superjumbo atau Airbus A380 milik Maskapai Emirates Airline. 

Negara tetangga Kita, yakni Singapura dan Malaysia dan beberapa negara asia lainnya sudah melengkapi armada mereka dengan pesawat superjumbo atau Airbus A380 dan tak ada satupun dari beberapa maskapai swasta dan pemerintah Indonesia yang melengkapi armada mereka dengan pesawat Airbus A380.

Pesawat superjumbo dengan empat mesin dua di masing-masing di sayap ini diklaim mahal dalam hal perawatan dan tidak menguntungkan untuk penerbangan domestik, akhirnya Garuda Indonesia membatalkan pemesanan pesawat super besar ini, tapi maskapai Emirates lebih senang belanja pesawat eksentrik ini dan maskapai ini pula sebagai pemilik terbanyak armada ini, yakni 63 pesawat airbus A380. Hebat banget ya.

Pesawat Airbus A380 lebih dikenal dengan nama Superjumbo, pesawat yang terbang secara perdana tahun 2005 ini mampu mengangkut 853 penumpang. Syukur bila semua kursi terisi, maka maskapai bersangkutan tidak akan merugi, bila sebaliknya hanya bisa gigit jari. :D

pesawat superjumbo
Salah satu Airbus A380 milik Maskapai Emirates Airline siap lepas landas.

Pesawat dengan dua tingkat dari depan hingga belakang dan memiliki fasilitas modern seperti hotel ini, dan pihak airbus menjuluki fasilitas mewah yang ada di pesawat ini, yaitu hotel berbintang 5 di langit, menurut pihak perusahaan Airbus bahwa ada sebanyak 153 armada superjumbo ini terbang setiap hari menjelajah langit biru tujuan eropa dan asia tapi tidak lepas landas di Indonesia dan kecepatan terbang pesawat ini sungguh luar biasa cepat, yakni mampu menjelajahi langit dengan kecepatan 1.020 km/jam.

Fakta tentang Airbus A380.
  1. Mampu terbang pada jarak 15.700 Km
  2. Kecepatan jelajah membela langit, yakni 1.020 Km
  3. Panjang 73 Meter
  4. Panjang sayap 80 meter
  5. Mampu memuat 853 penumpang, tergantung konfigurasi atas permintaan pemesan armada superjumbo ini
  6. Pesawat ini tersedia kamar khusus untuk pilot, pramugari dan pramugara
  7. Pesawat A380 hingga saat ini masih memegang gelar bergengsi sebagai pesawat komersil terbesar di dunia
  8. Pemilik terbanyak armada superjumbo ini adalah maskapai Emirates berbasis di Dubai.