Manfaat Kesehatan Dari Terpapar Sinar Matahari Pagi

pantai hotel burj al arab
Beberapa wisatawan eropa sedang berjemur di pantai dekat hotel Burj Al Arab.

Tidak ada benda langit diciptakan tanpa kegunaan buat mahkluk biologis termasuk manusia, contoh Matahari.

Ternyata sinar Matahari pagi memiliki manfaat besar bagi tubuh, beberapa studi menemukan bahwa berjemur dibawah sinar matahari pagi dapat memperbaiki suasana hati, mengurangi tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan meningkatkan harapan hidup.

Sebaliknya sinar matahari siang dapat menyebabkan resiko kanker kulit dan penuaan dini, cuma itu hanya terjadi, jika Anda terpapar sinar matahari siang secara berlebihan.

Jadi, Anda harus menghindari sinar matahari siang, agar tidak mudah gosong dan terkena penyakit serius, maka sebaiknya pakai pelindung tubuh atau pelembab, seperti tabir surya ketika berada di luar ruangan.
Anda harus tahu bahwa: "Rumah yang tidak terkena sinar matahari, dokter yang datang," itu kata pepatah. Cahaya adalah kesehatan. Anda harus mengisi ulang baterai, cahaya matahari mengatur fungsi fisiologis, menghalau stres, dan melindungi Anda dari efek penuaan.
Berikut beberapa manfaat mendapat paparan sinar matahari pagi bagi tubuh Anda:

Mengurangi penuaan dini


Jika, Anda sering terpapar sinar matahari pagi, maka Anda lebih mungkin untuk hidup sehat dan awet muda.

Sebaliknya, terpapar sinar matahari secara berlebihan pada siang hari dapat menyebabkan kerusakan kulit sebagai penyebab penuaan dini.

Lebih banyak memproduksi vitamin D


Vitamin D penting untuk kesehatan tulang, otak, dan fungsi tubuh lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus terpapar sinar matahari pagi hari. Bisa dilakukan dengan berjemur atau lari pagi di alam terbuka.

Tubuh yang terpapar cahaya matahari pagi, ada manfaatnya bagi tubuh untuk mensintesis atau memproduksi vitamin D, kalsium, dan fosfor yang diperlukan bagi fiksasi alami tulang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Para ahli mengatakan bahwa hanya setengah jam dan setiap hari terpapar sinar matahari pagi sudah cukup untuk Anda "mereset" metabolisme Anda, memperbaiki suasana hati, dan menghalau penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan suasana hati

Studi membuktikan bahwa sinar matahari pagi dapat menghalau stres adalah baik bagi orang dewasa dan anak-anak. Sinar matahari pagi memang dapat meningkatkan vitamin D, tapi dapat memicu pelepasan serotonin (adalah hormon yang memberikan perasaan senang) di otak. Itulah mengapa pada musim dingin, banyak orang terlihat agak depresi. Menurut penelitian hal itu karena kurang mendapat sinar matahari. Jadi saat bangun tidur pergi keluar rumah untuk mendapat paparan sinar matahari sebagai cara memperbaiki suasana hati Anda dan menurunkan stres.

Jantung sehat

Jantung sehat ternyata hanya bisa didapat jika bila Anda terpapar sinar matahari pagi. Untuk diketahui, kekurangan vitamin D berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Dengan terpapar sinar matahari, sel-sel dalam tubuh akan menjaga jantung tetap sehat karena meningkatkan sirkulasi darah.

Tulang dan otot kuat

Sinar matahari pagi dapat bertindak sebagai energi pada sistem kekebalan tubuh dan saraf, merangsang sirkulasi darah, yang mendukung penghapusan racun dan daya tahan otot. 

Sinar matahari memiliki antibiotik ringan, membantu untuk membunuh atau menghilangkan patogen tertentu.

Paparan sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh yang membantu menguatkan tulang dan otot. 

Sintesis vitamin D akan membantu tubuh lebih banyak menyerap kalsium untuk memperbaiki kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D dapat menurunkan risiko nyeri atau kram otot, sakit kepala dan nyeri sendi.

Mengobati sakit kuning noenatal


Cahaya, alami atau buatan, telah digunakan selama bertahun-tahun untuk tujuan terapeutik. Sinar ultraviolet bermanfaat dalam pengobatan psoriasis, rematik karena mengandung cahaya inframerah dan biru untuk mengobati penyakit kuning neonatal. 

Juga, paparan cahaya putih yang kuat dipatenkan obat terhadap depresi dan gangguan tidur musiman.


Mengurangi risiko sklerosis multipel

Menurut penelitian, sinar matahari ampuh mengurangi risiko sklerosis multipel. Sklerosis multipel merupakan penyakit yang menyerang sistem syaraf pusat, tepatnya di otak dan sumsum tulang belakang. 

Penyakit ini bisa menyebabkan kelemahan otot, penurunan daya indra, hingga kelumpuhan.

Mencegah fibroid rahim

Sebuah penelitian menemukan bahwa ada manfaat besar bila seorang wanita duduk di bawah sinar matahari pagi selama satu jam, yaitu ada kecil kemungkinan untuk sakit fibroid rahim.

Ilmuwan menduga bahwa manfaat dari matahari pada kesehatan jantung lebih besar daripada risiko pengembangan kanker kulit. Berjemur dan olahraga di luar ruangan pada pagi hari adalah cara terbaik mendapatkan vitamin D.