3 Idiots, Film Hiburan Paling Inspiratif

3 idiots
Film 3 idiots mengajarkan kita kalau belajar jangan menghafal tapi pahami isinya. 

Anda sebagai siswa, mahasiswa, guru, dosen atau siapapun Anda yang sedang meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini, pada bulan ramadhan ini sudah pasti Anda semua sedang mencari sebuah hiburan berkualatas, seperti nonton film sambil menunggu waktu untuk berbuka tiba.

3 Idiots adalah sebuah film buatan negara India yang paling di rekomendasikan untuk segera Anda menontonnya dan walaupun film ini telah di rilis beberapa tahun lalu, tidak terasa membosankan bila film kocak dan penuh inspiratif  ini di nonton ulang dalam beberapa kali, dan ketika Anda nonton film ini dan bila Anda tidak tertawa, sedih dan bahkan tidak menangis, bisa jadi ada yang salah dengan jiwa Anda. :D.

Film 3 idiots pada intinya adalah kritik terhadap sistem dunia pendidikan yang salah urus karena di kelola mirip sebuah perusahaan bukan seperti sebuah universitas dan mengkisahkan perjuangan 3 mahasiswa berasal dari latar belakang yang berbeda yang kuliah di perguruan tinggi teknik mesin serta berusaha keras melawan kediktatoran sang dekan dan film ini juga mengajarkan kita banyak hal atau membuka cara berpikir kita.

Ada banyak pelajaran yang bisa Anda petik dari film 3 idiots.  
"Burung Cuckoo tidak pernah membuat sarangnya sendiri. Mereka menaruh telur di sarang burung lain. Dan ketika anak mereka menetas, apa yang mereka lakukan pertama kali? Mereka menendang telur lain dari sarang. Kompetisi berakhir. Hidup dimulai dengan membunuh. Itulah alam. Bersaing, atau mati."
"Melihat teman kita tidak lulus itu sangat menyedihkan. Tapi lebih menyedihkan jika dia jadi yang terbaik." 
"Jika aku punya sedikit keberanian, maka hidup ini akan berbeda."
"Berpikirlah efisien, maka kesuksesan ada di belakangmu! Mari belajar!"
"Ini adalah Universitas, bukan panci bertekanan. Singa sirkus juga belajar untuk bisa duduk di kursi, hanya karena takut dicambuk. Tapi kita tetap boleh menyebut singa itu terlatih, bukan terdidik"
"Menghafal memang menghemat 4 tahun masa kuliah kita, tapi justru akan menghancurkan 40 tahun masa kerja kita nantinya. Pahamilah secara lebih dekat, karena otak manusia bukanlah mesin dan ilmu bukanlah manuscript"
"Jadikanlah hobimu menjadi pekerjaanmu, maka bekerja menjadi seperti bermain"
"Ada dua cara menjadi juara. Tingkatkan nilaimu, atau turunkan nilai orang!"
"Jika ada permasalahan dalam hidupmu, katakan pada hatimu. ALL IS WELL! Semua akan baik-baik saja"
Dan masih banyak hal-hal menarik lainnya yang dapat Anda temukan di film 3 Idiots.

Sinopsis Film 3 Idiots 

Rancchoddas "Rancho" Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan), Farhan Qureshi (R. Madhavan) dan Raju Rastogi (Sharman Joshi) adalah mahasiswa teknik yang berbagi kamar di hostel di Imperial College of Engineering, salah satu perguruan tinggi terbaik di negara India. 

Mereka bertiga ini datang dari keluarga dengan latar belakang yang berbeda, Farhan berasal dari keluarga menengah, raju dari latar belakang sederhana dan Rancho berasal dari keluarga kaya tapi jenius.