Mengenal Wang Jianlin Yang Punya Duit Rp14 Triliun

Wang Jianlin
Wang Jianlin (kiri berjabat tangan dengan walikota Bill de Blasio untuk Amerika Serikat) jadi orang terkaya se-Asia dan kekayaannya terus bertambah melesat dari tahun ke tahun. 

Majalah Forbes mengungkapkan bahwa ada sebanyak 400 miliader baru di Cina dan menjadi negara kedua di dunia setelah Amerika Serikat sebagai negara dengan ratusan miliarder. Dan bahkan sekarang ada di antara mereka yang memiliki kekayaan terus bertambah hingga triliunan rupiah, sebut saja salah satunya, yakni Wang Jianlin.

Sekilas Tentang Wang Jianlin

Pemilik perusahaan Dalian Wanda Group ini lahir pada tahun 1954, Wang Jianlin pernah bertugas di Angkatan Darat antara tahun 1970 dan 1986,  di akhir 1980-an ia mengakuisisi sebuah perkebunan yang tengah bangkrut dari sinilah ia mulai secara perlahan membangun kekayaannya.

Mantan veteran yang terdaftar di tentara pada usia 16 tahun ini juga pernah menjabat sebagai pejabat kota Dahlian telah dihormati dengan beberapa penghargaan untuk prestasi luar biasa dalam manajemen bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan. Dia telah dua kali dinobatkan sebagai Ekonomi Person of the Year CCTV China.

Setelah itu ia kembali menerima tiga China Charity Awards dari Kementerian Urusan Sipil pada tahun 2005, 2008 dan 2013. Dan pada 2013, ia dianugerahi gelar kehormatan Presiden Federasi Amal China.

Wang Jianlin adalah seorang Multi-miliader dari pemilik jaringan bisnis Wanda Group yang bergerak di bisnis sektor properti dan retail, menurut catatan forbes kekayaan yang ia miliki untuk tahun 2015 ini telah meningkat tajam, yakni mencapai Rp 477 triliun. 

Perusahaan yang ini pimpin, yakni Dalian Wanda Group kini telah memiliki 166 pusat perbelanjaan, 57 hotel bintang lima yang berada di banyak negara. 


Comments