Pesawat Ini Jatuh Akibat Pilot Asik Selfie

pesawat jatuh
Pesawat naas ini melakukan penerbangan berlangsung pada malam hari, cahaya flash ponsel otomatis aktif pada malam hari, sehingga mengganggu konsentrasi pilot dan menimbulkan disorientasi spasial.
Sebuah pesawat kecil tipe Cessna yang terbang malam hari tanpa izin ditemukan jatuh di ladang gandum akibat mengalami diorientasi spasial, diorientasi spasial adalah istilah yang digunakan dalam dunia penerbangan yang merujuk pada ketidakmampuan sesorang pilot untuk mengontrol diri dalam menentukan posisi tubuhnya terhadap lingkungan di sekitarnya.

Penyebab Pesawat Cessna Jatuh Gara-Gara Pilot Asik Selfie

Hasil penyelidikan ditemukan oleh pihak Badan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat atau National Transportation Safety Board (NTSB) bahwa pesawat pribadi itu jatuh karena pilot asik selfie saat terbang sehingga menyebab sang pilot mengalami diorientasi spasial.

"Pilot tidak fokus karena sibuk dengan smartphone pada saat dalam posisi terbang. Itu menyebabkan pilot kehilangan kontrol karena disorientasi spasial saat terbang," kata NTSB.

Hal penyelidikan itu diperkuat dengan bukti dari rekaman kamera GoPro yang dikendalikan pilot yang ditemukan jatuh dekat bangkai pesawat dan pihak aparat berhasil menyelamatkan datanya.

"Rekaman GoPro menunjukkan bahwa pilot dan penumpang mengambil selfie dengan ponsel," kata NTSB dalam laporan hasil penyelidikan, seperti dikutip Mashable.

Masih menurut laporan pihak NTSB, walau momen saat pesawat terjatuh tidak terekam, tapi momen-momen sebelumnya menunjukkan bahwa pilot dan satu penumpangnya asik selfie dengan smartphone.

"Pilot yang menerbangkan pesawat pribadi itu juga melakukan kesalahan dengan tidak memenuhi syarat pada penerbangan di malam hari saat itu," tambah NTSB.

Kecelakaan pesawat pribadi jenis Cessna 150 N6275G yang jatuh pada 31 Mei 2014 di Watkins, Colorado, Amerika Serikat.


Comments