Inilah Bahaya Menghidupkan Ponsel Didalam Pesawat

pramugari cantik korea selatan
Dua pramugari cantik Seoul, Korea Selatan berpose dengan latar belakang pesawat jenis baru dari Airbus A350 XWB

Anda baru pertama kali naik pesawat dan membawa ponsel atau smartphone, sebaiknya baca petunjuk di ruang tunggu pesawat bahwa selama didalam pesawat ponsel atau smartphone wajib di nonaktifkan atau petunjuk lain dapat dibaca di belakang kursi penumpang.

Demi keselamatan Anda dan penumpang lainnya tolong matikan perangkat Anda. Ada sebab penggunaan ponsel dan smartphone dilarang diaktifkan didalam pesawat dan apalagi pada saat pesawat akan mendarat dan terbang, di sinilah sinyal ponsel bisa mengganggu atau mengacaukan sistem navigasi pesawat sehingga membingunkan pilot membaca petunjuk atau tidak mendengar dengan jelas imbauan dari pengatur lalu lintas udara.

Pilot harus terus berkomunikasi dengan menara pengawas atau air traffic controller (ATC) di bandara atau airport. Jika ada ponsel yang aktif, maka sinyalnya dapat menyebabkan distorsi yang mengganggu komunikasi pilot sehingga berbahaya bagi pesawat.

Lagian di ketinggian 32-38 ribu kaki bila Anda mengaktifkan ponsel didalam pesawat adalah perbuatan sia-sia, karena Anda tidak dapat menghubungi siapa pun, karena tidak adanya sinyal di ketinggian itu.

Anda perlu tahu bahwa sinyal ponsel memang tidak berhubungan dengan pesawat, tapi dapat membuat komunikasi pilot dengan menara pengawas terganggu.

Sebagai penumpang Anda harus menyadari bahwa pada saat pesawat akan lepas landas dan mendarat, itu adalah situasi paling ekstrim di mana posisi pesawat berada dekat dengan daratan. 

Baik ponsel atau smartphone dan pesawat memang memiliki jalur komunikasi yang berbeda tetapi sama-sama mengandalkan frekuensi dan mencari sinyal di Base Transceiver Station (BTS). 

Benturan gelombang elektromagnetik akan menimbulkan noise atau suara tidak jelas dari pengawas bandara sehingga membuat pilot kesulitan mendengar instruksi dari pengawas bandara.