Gaji Tim Cook Sebagai CEO Apple Senilai Rp 9,5 Miliar Sebulan

Tim Cook
Tim Cook adalah chief executive officer (CEO) di perusahaan multimedia Apple Inc I Foto: witter.com/tim_cook

Tim Cook adalah chief executive officer (CEO) di perusahaan Apple, ia menggantikan Steve Jobs yang mundur dari jabatannya sebagai CEO. CEO Apple ini diberitakan beberapa media bahwa ia menerima gaji senilai USD 9,2 juta atau setara Rp 114,7 miliar perbulan. 

Luar biasa banyak gaji dari CEO Apple itu dan ia bisa membeli berbagai macam barang mewah bila ia mau. Cook adalah pria yang pecinta akan sepak bola. Sebelum bergabung dengan Apple, Cook sudah punya segudang pengalaman dalam industri teknologi. 

Dia pernah menjabat sebagai chief operating officer (COO) untuk divisi reseller komputer di Intelligent Electronics Inc. Dia pun pernah bekerja selama 12 tahun sebagai direksi IBM. 

Cook memulai kariernya di Divisi Produksi dan Distribusi IBM, bertahan selama 12 tahun. Setelah itu, ia pindah ke Industrial Intelligent pada tahun 1994. Saat itulah, ia mengembangkan reputasinya sebagai pegawai yang andal dalam operasional. Tahun 1997, Cook pindah ke Compaq. Ia berperan sebagai vice president of worldwide materials. Namun, Cook hanya bertahan selama enam bulan di perusahaan yang berbasis di Houston itu. 

Tahun 1998, ia pindah ke Apple. Di perusahaan itu Cook mempunyai andil yang besar dalam memajukan perusahaan Apple. Di tangannya, Apple yang semula mengalami kerugian fiskal sebesar 1 miliar dollar AS pada tahun 1997 berubah menjadi perusahaan yang secara fiskal menguntungkan pada tahun 1998. 

Tahun 2000, Cook menjadi head of global sales dan pada tahun 2004 dipercaya memimpin divisi Mac. Tahun 2005, ia mulai menjadi COO dan tahun 2011 menjadi CEO Apple menggantikan Steve Jobs yang mengundurkan diri.


Comments