Pesawat Airbus A350, Pertama Ada Didunia

Airbus A350 XWB
Airbus A350 baru dari Qatar Airways berasal dari Doha, Qatar, mendekati gerbang di bandara Frankfurt, Jerman, Kamis 15 Januari 2015 

Pesawat jet terbaru di dunia, yaitu Airbus A350 XWB milik Maskapai Airways, turun dari langit Frankturt, Kamis, 15 Januari 2015 membawa penumpang komersial pertama dari Teluk bangsa Arab dari Qatar. 

Qatar Airways berangkat dari ibukota Doha, Qatar di pagi hari dan mendarat sekitar pukul 12.30 sore waktu setempat di Frankfurt, Jerman. Ini menandai debut ringan, twin-aisle, pesawat jarak jauh, yang menjanjikan untuk menghubungkan kota-kota kecil dengan hub aviasi nonstop dengan biaya yang lebih murah untuk penerbangan. 

Untuk penumpang, pesawat baru ini menawarkan jendela panorama yang lebih luas dan ruang penyimpanan overhead yang  lebih besar ditambah kemampuan untuk membatasi koneksi. 

A350 adalah pesawat ketiga terbaru yang besar dalam satu dekade dan terakhir. Airbus A380 pertama ada yang double-decker, yang memulai debutnya pada Oktober 2007. Ini jet penumpang terbesar di dunia, dirancang untuk membawa hingga 525 penumpang antara beberapa kota terbesar di planet ini. 

Kemudian datang Boeing 787 ringan, yang membawa penumpang pertama pada bulan Oktober 2011. Berkat biaya operasi yang lebih rendah, jet, dipasarkan oleh Boeing sebagai Dreamliner, telah menyebabkan penerbangan nonstop baru antara kota-kota yang sebelumnya tidak memiliki cukup penumpang untuk jasa layanan tersebut. 

Seperti dengan Dreamliner, A350 didesain ringan yang memungkinkan untuk membakar bahan bakar lebih sedikit dari jet lain dengan ukuran yang sama. Sedikit lebih dari setengah dari struktur terbuat dari bahan komposit seperti plastik diperkuat oleh serat karbon.  Ditambahkan titanium dan aluminium dengan [erpaduan ang canggih dan lebih dari 70 persen dari pesawat terdiri dari bahan ringan. 

Pihak Qatar Airways mengatakan Airbus A350 akan membantu membuka rute nonstop seperti Shanghai ke Boston, Massachusetts atau Paris ke Santiago, Chili. 

Pesawat A350 bisa menerbangkan 276-369 penumpang, tergantung varian dan pilihan konfigurasi tempat duduk maskapai. 

pesawat Airbus A350 XWB
Maskapai Qatar Airways berbasis di Doha, Qatar adalah yang pertama menerima pengiriman pesawat baru tipe A350 XWB dari perusahaan Airbus

Versi Qatar dilengkapi dengan kursi 36 bisnis yang diubah menjadi tempat tidur datar dan menempatkan layar TV 17 inci, dan bagian kelas ekonomi dengan 247 kursi, dengan TV kecil. 

Maskapai penerbangan itu didukung negara telah menempatkan kepercayaan yang cukup besar dalam model baru, dengan menambah pesanan untuk 79 pesawat lagi. Maskapai itu menerima pesawat pertama double-decker A380 dari pembuat pesawat Eropa pada bulan September. 
"Pengiriman ini masuk dalam kategori pesawat baru dalam armada Qatar Airways' adalah momen kebanggaan nasional mutlak untuk Qatar Airways dan negara Qatar," kata CEO Qatar Airways Akbar al-Baker pada upacara pelantikan pekan lalu. 
Qatar Airways 'memiliki satu saingan besar di teluk, yaitu Emirates yang berbasis di Dubai, yang juga punya rencana untuk mengoperasikan A350.


Comments