William Edward Boeing Pendiri Raksasa Perusahaan Pesawat Boeing

William Edward Boeing
William Edward Boeing adalah pendiri raksasa perusahaan pesawat, yakni Perusahaan Boeing
Berkat orang jenius di zaman dulu teknologi kian hari terbarukan, modern dan efisien, seperti pesawat. Saya tidak dapat membayangkan bilamana saat ini tidak ada pesawat, yang pasti perjalanan antar benua perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk tiba ditujuan.

Beruntunglah ada banyak orang jenius dizaman dahulu menciptakan dan mengembangkan pesawat untuk dapat terbang ke jarak menengah dan jauh. Salah satu orang paling jenius dan berjasa di dunia penerbangan, yakni William Edward Boeing.

Profil singkat dari William Edward Boeing

William Edward Boeing adalah Bos dari Perusahaan Boeing lahir di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, adalah seorang pendiri perusahaan Boeing.

10 Fakta menarik dari William Edward Boeing
  1. William terlahir dari keluarga kaya keturunan Jerman di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. 
  2. Keluarganya merupakan pemilik dari perusahaan pertambangan dan perusahaan perkayuan yang sukses. 
  3. Boeing kuliah di Universitas Yale dan setamat kuliah pada 1903.
  4. Boeing terjun kedalam bisnis keluarga, menjadi pengusaha dalam usaha penebangan kayu. 
  5. Usaha ini membuat dirinya menjadi kaya raya, apalagi setelah ia membangun perusahaan perkayuannya sendiri di Grays Harbour.
  6. Boeing yang sudah sekian lama bereksperimen dalam desain kapal-kapalnya pindah ke Seattle. Disinilah minatnya akan pesawat terbang mulai tumbuh, terutama dari sisi bisnis.
  7. Bersama George Conrad Westervelt, tahun 1916 Boeing mendirikan industri pesawat terbang yang saat itu diberi nama Pacific Aero Products.
  8. Setahun kemudian, Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia I, Boeing mengganti nama perusahaannya menjadi Boeing Airplane Company hingga sekarang dikenal dengan nama Boeing Company.
  9. Selama perang dunia 1, perusahaan Boeing mendapat tender pengadaan 50 pesawat dari Korps Penerbangan Amerika Serikat, dari sinilah cikal bakal sukses besar dicapai Boeing.
  10. Boeing dianggap merajai di dunia penerbangan Amerika Serikat saat itu, pada tahun 1934 pemerintah Amerika Serikat mendakwanya dengan tuduhan mengadakan praktik monopoli.
Selain menyediakan pengadaan pesawat komersial, Boeing juga melakukan bisnis lain yang mencapai sukses besar, yakni  jasa pelayanan surat yang cepat dan efisien.

Boeing pensiun tahun 1934 dan di masa sisa hidupnya ia menjalankan bisnis lain, yakni binsis properti dan juga mencapai sukses besar. Boeing meninggal di Puget Sound, 28 September 1956 pada usia 74 tahun.