Bandara Putri Juliana, Menikmati Pesawat Takeoff Lebih Dekat

Princess Juliana International Airport
Tanda peringatan bahaya ini tidak dihiraukan oleh para spotter atau pengunjung yang memfoto dan menyaksikan pesawat mendarat I foto: youtube

Princess Juliana International Airport (SXM) atau Bandara Saint Maarten International atau Bandara Putri Juliana adalah bandara yang terletak di Karibia dan berada dekat pantai. 

Ia merupakan salah satu tempat untuk mendarat di Bandara ini dekat dengan pantai, selain itu di ujung bandara terdapat gunung yang tinggi sehingga di bandara ini lebih mudah untuk mendarat daripada lepas landas.

Panjang landasan pacu dari bandara ini 2.349 meter dan lebar 45 meter, bukan berarti tak bisa disinggahi pesawat berbadan super besar. Lihat gambar dibawah ada sebuah pesawat Amerika super besar siap lepas landas.

Terletak di unjung tempat pesawat mendarat dari bandara ini sangat berdekatan dengan pantai yang digunakan untuk berjemur, nah, di pantailah sering dijadikan tempat para wisatawan untuk menikmati pesawat mendarat dan lepas landas dan bahkan kadang mereka siap menghadang tekanan angin yang dihembuskan oleh sebuah pesawat yang akan lepas landas.

Nama pantai itu, yakni Maho Beach yang menjadi tempat paling favorit para spotter. Spotter adalah istilah untuk orang-orang yang hobi mengambil gambar atau foto dan merekam video, melihat, dan mengamati pesawat yang mendarat dan lepas landas.

Princess Juliana International Airport
Tampak para spotter sedang menyaksikan dan mengambil foto sebuah pesawat yang akan lepas landas di bandara

Bandar Udara Internasional Saint Maarten dikategorikan sebagai bandara paling menakutkan tapinya sangat indah untuk melihat pesawat mendarat dan lepas landas dari dekat.