5 Bangunan Kuno Megastruktur Indah Dengan Arsitektur Rumit

Teknologi sekarang dan zaman dahulu berbeda 360 derajat. Coba Anda perhatikan beberapa bangunan kuno yang hingga sekarang masih berdiri kokoh nan megah. Cukup membingunkan kita dengan peralatan apa mereka mendirikan bangunan megah itu.?

Teknologi apa yang mereka gunakan dan bagaimana bisa para arsitektur kuno mencetak pola batu yang unik dan mengangkat bongkahan batu itu yang sangat berat hingga ketinggian beberapa meter.? 

Menurut sejarah hampir rata-rata dari pengerjaan beberapa bangunan kuno melibatkan ribuan arsitektur, pekerja dan membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga selesai. Namun ada juga beberapa teori yang dihembuskan mengatakan bahwa dari beberapa bangunan kuno indah itu dibangun oleh Alien.

Adapun lima bangunan kuno megastruktur indah, sebagai berikut:

1. Koloseum, Italia, Roma

koloseum
Koloseum I id.wikipedia.org

Kolosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator. Selama ratusan tahun diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati di pertunjukkan Koloseum. Koloseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha membuat Koloseum terlihat begitu besar dan luas.

Koloseum merupakan hasil karya yang sangat hebat. Tempat itu dikatakan sebagai stadium yang hebat dan spektakuler dikarenakan oleh bentuk dan struktur dari Koloseum itu. Sampai sekarang pun, Koloseum masih dikatakan sebagai stadion yang hebat dan spektakuler.

2. Tembok Besar Tiongkok

tembok besar china
Tembok besar merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Tiongkok. I foto escn.cn

Panjang keseluruhan dari tembok raksasa ini mencapai 8.850 km. Tembok memang ini terlihat panjang namun ia tidak bersambung utuh namun terpisah-pisah yang dibatasi oleh bukit atau sungai. 

3. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

candi borobudur
Candi Borobudur luas dasar 123×123 meter, tinggi kini 35 meter, tinggi asli 42 meter (termasuk chattra) I foto:id.wikipedia.org

Borobudur memiliki keunikan tersendiri seperti relief-relief unik pada dindingnya dan arca. Jumlah arca yakni sebanyak 504 arca Buddha, lebih dari 300 telah rusak (kebanyakan tanpa kepala) dan 43 hilang (sejak penemuan monumen ini, kepala buddha sering dicuri sebagai barang koleksi, kebanyakan oleh museum luar negeri).

4. Angkor Wat, Kamboja

candi angkor wat
Candi Angkor Wat I foto: id.wikipedia.org

Candi Angkor Wat dan Borobudur memiliki kesamaan, yakni adanya relief pada dinding candi. Namun relief yang ada pada Candi Angkor lebi banyak, yakni berjumlah 1.796 relief. Dan sebaliknya yang membedakan kedua bangunan kuno ini, yaitu Stupa. Di candi Borobudur ada ratusan Stupa.

5. Piramida Agung Giza, Mesir

piramida agung giza
Piramida Agung Giza adalah bagian utama dari kompleks bangunan makam I foto: id.wilipedia.org

Ketinggian Atap dari bangunan kuno Piramida Agung Giza ini, yakni 138.8 m.