Gara-Gara Kompor Butane 301 Penumpang Pesawat Meninggal

pesawat Lockheed L-1011
Semua para penumpang tewas di dalam kabin Pesawat jenis Lockheed L-1011, insiden ini terjadi pada tahun 1980, pesawat mendarat dengan selamat, tapi ketika pintu pesawat dibuka semua penumpang di dalam sudah mati.

Cerita ini bukan sebuah film. Kisah ini adalah nyata. Pesawat melakukan pendaratan yang aman. Tapi setelah pintu pesawat dibuka, ditemukan semua penumpang sudah tewas. Kejadian ini terjadi pada 19 Agustus 1980 yang menimpah sebuah Pesawat Saudi Arabian Airlines penerbangan no.163 yang lepas landas dari bandara di Riyadh. 

Begitu pesawat lepas landas, api mulai berkorbar didalam kargo. Sementara pilot berhasil mendarat dengan selamat, namun, naas semua orang yang ada di dalam Pesawat tewas seketika. 

Setelah mendarat, tidak ada jejak yang terlihat dari api. Namun, pesawat itu terus meluncur di landasan sekitar tiga menit untuk berhenti penuh. Ketika petugas layanan darurat membuka pintu, mereka menemukan semua penumpang telah tewas didalam kabin. Para penumpang tewas akibat menghirup asap. 

Hasil otopsi menunjukkan bahwa semua penumpang yang berada di dalam Pesawat meninggal sebelum mendarat. Tragedi ini merenggut nyawa 14 anggota awak dan 287 penumpang dari Pesawat tersebut. Ini adalah bencana terburuk yang terjadi di Arab Saudi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebakaran yang menimpah pesawat naas yang menewaskan 301 orang itu di picu oleh dua kompor butane yang ada di dalam kargo pesawat.

pesawat Lockheed L-1011
Pesawat Lockheed L-1011 Tristar serupa dengan  pesawat miliki Saudi Arabian Airlines no 163 yang tidak lagi di produksi


Comments