Begini Cara Naik Pesawat Untuk Pertama Kalinya

ruang cek in terminal 1A
Ruang konter cek-in maskapai Lion Air di terminal 1A Soekarno-Hatta

Penulis sudah puluhan kali naik pesawat dan sering bepergian dengan jadwal pada siang hari.

Ini khusus dari Ambon  ke Jakarta, dan sering transit di Bandara tertentu, seperti bandara Sultan Hasanuddin Makassar atau Bandara Juanda Surabaya.

Dan kalau dari Jakarta sering naik pesawat, penerbangan langsung atau tanpa transit, jadwal penerbangan rata-rata pada dini hari (tengah malam) atau pagi hari tanpa transit. Itu rata-rata terbang langsung sampai tujuan.

Syarat untuk naik pesawat, tidak memandang apa profesi Anda atau tak perduli kau, siapa?.

Apakah Anda seorang petani, buruh bangunan, abang becak, abang objek, pengusaha, dan semuanya dibolehkan untuk naik pesawat.

Asal Anda sudah membeli tiket dan punya identitas diri atau tanda pengenal diri yang sah. 

Bagi Anda yang baru pertama kali mau naik pesawat, maka perlu mempersiapkan dan memperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Persiapkan tanda pengenal jati diri atau identitas Anda seperti KTP, KK, atau lainnya yang sah.
  2. Pergilah membeli tiket untuk jadwal terbang besok di agen tiket pesawat yang terpercaya di kotamu, dan jangan lupa untuk membawa tanda pengenal diri seperti KTP, dan setelah beli tiket pesawat, pulanglah ke rumah. (Sekarang untuk membeli tiket pesawat lebih baik secara online karena tidak begitu repot.)
  3. Kemas barang-barang penting yang akan dibawa, dan jangan lupa tidur malam yang cukup supaya kuat dan sehat.
  4. Sebelum berangkat sebaiknya isi perut anda dengan makanan, baru setelah itu makan pisang atau minum susu, dan bawa obat sakit kepala bila perlu. :D. Manfaat makan pisang dan minum buat mencegah Anda dari sakit kepala dan mual.
  5. Masuk ke toilet untuk membuang BAB dan kecil, dan walaupun tidak terasa, nanti juga akan terasa dan keluar, bila sudah jongkok. :D
  6. Pergi ke bandara sebelum satu atau dua jam sebelum jadwal keberangkatan, 
  7. Siapkan dan simpan tiket pesawat Anda dan KTP, atau identitas pengenal Anda yang lain yang berlaku di saku celana depan atau saku baju atau di dalam tas.
  8. Hindari memakai pakaian ketat dan ikat pinggang.
  9. Bawa bekal, seperti roti dan air minum secukupnya karena di bandara segalanya super mahal sekali.
  10. Hindari membawa barang lebih dari 20 Kg, karena jika lebih Anda akan dikenakan biaya tambahan kargo, dan kecuali Anda mau mengungsi.
  11. Hindari membawa barang-barang ilegal atau terlarang ke bandara atau ke dalam pesawat, seperti payung, pisau, gunting, dan atau benda apapun yang memiliki sifat tajam. Serta cairan berbahaya. 
  12. Masuklah ke dalam bandara dan pegang tiket nya, lalu tunjukkan atau serahkan kepada petugas bandara, jika dia petugas memintanya untuk diperiksa.
  13. Segera merapat ke konter atau meja cek in (jika tiket pesawat Anda adalah Batik Air, maka merapat ke situ) dengan menyerahkan tiket bersama KTP atau identitas sah lainnya yang masih berlaku.
  14. Setelah itu, petugas cek-in akan memeriksa dan print tiket Anda, dan akan memberi sedikit pengarahan tentang penerbangan Anda, itu kalau dia sedang mood, maka pahami arahan nya dan setelah itu, ia akan menyerahkan tiket baru atau pas boarding untuk Anda.
  15. Perhatikan hal-hal penting yang tertera di tiket baru Anda, seperti nomor kursi atau tempat duduk didalam kabin pesawat dan biasanya ditulis dengan bahasa inggris, yakni seat (tempat duduk) dan nomor Gate (pintu) adalah ruangan keberangkatan untuk menunggu disana, nomor pesawat dan jam terbang.
  16. Masuklah kedalam pesawat, jika sudah diminta masuk oleh petugas bandara dengan menyerahkan tiket baru (boarding pas) ke petugas bandara.
  17. Carilah nomor tempat duduk Anda seperti yang tertera di tiket baru Anda tadi.
  18. Silahkan duduk diam dan tenang di kursi Anda sambil cuci mata, melihat penumpang cantik, tampan, para pramugari, dan pramugara.
  19. Perhatikan instruksi keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh para pramugari, pramugara, dan jangan ketawa, ketawa juga boleh, tapi jangan ngakak secara berlebihan, nanti kau dikira orang gila, dan jika tidak ada peragaan keselamatan penerbangan dari pramugari, maka Anda akan disuguhkan peragaan keselamatan melalui video tepat di depan Anda.
  20. Matikan atau offline ponsel Anda, itu demi keselamatan Anda dan penumpang lainnya.
  21. Selamat menempuh perjalanan di atas  awan bersama si burung besi.
  22. Bila sudah tiba di bandara, Anda harus turun ya, :D lalu cari tulisan EXIT (keluar) dan Pengambilan Bagasi atau bila perlu ngekor jalan di belakang para penumpang lainnya yang menuju pengambilan bagasi atau pintu keluar.
ruang cek in bandara pattimura
Suasana penumpang di ruangan cek-in di bandara Pattimura, Ambon pada siang hari

gate 5
Suasana penumpang sedang menunggu jadwal penerbangan di Gate 5, Bandara Hasanuddin Makassar 

kabing pesawat
Suasana di dalam kabin pesawat Batik Air, terlihat beberapa penumpang sedang mencari nomor tempat duduk masing-masing.

Selamat terbang dengan pesawat.



Comments